Rangkuman Beberapa Pengetahuan Umum Singkat (5)

foto-proklamasi-17-agustus-1945

Selamat datang kembali di “Rangkuman Pengetahuan Umum Singkat”. The Weekly Blog kali ini membawa lagi 15 info singkat yang perlu diketahui. Selamat membaca!

– Presiden pertama Indonesia, Soekarno ternyata lahir di Surabaya dan bukan Blitar (keduanya sama-sama di Jawa Timur). Blitar menjadi kota dimana beliau dimakamkan.

– Di India, tidak ada sebutan “bahasa nasional India.” Negara tersebut memiliki 22 bahasa lokal yang diakui konstitusi setempat termasuk bahasa Hindi, Urdu, Telugu, Tamil, dan Bengali. Hindi dan bahasa Inggris diakui sebagai bahasa resmi pemerintah.

– Amerika Serikat dan Uni Soviet (Rusia) pernah bekerja sama saat Perang Dunia II (1939-1945) demi melawan Nazi Jerman. Perebutan dominasi wilayah dan pertentangan ideologi membuat mereka kemudian bersaing dalam Perang Dingin.

– Angka 0 (nol atau kosong) sebenarnya termasuk dalam bilangan genap.

– Di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata-kata yang baku penulisannya antara lain: andal bukan handal, napas bukan nafas, November bukan Nopember, istri bukan isteri, jenazah bukan jenasah, karier bukan karir, frekuensi bukan frekwensi.

– Jenis-jenis perokok ada 2: perokok aktif (orang yang merokok) dan perokok pasif (orang yang tidak merokok tetapi ikut menghirup asap rokok dari perokok aktif). Perokok pasif mempunyai bahaya kesehatan lebih besar daripada perokok aktif.

– Rupiah (uang kertas dan logam) dibuat oleh Bank Indonesia, tetapi dicetak oleh Perum Peruri (Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia).

– Kata “kulkas” (lemari es atau lemari pendingin) adalah serapan dari bahasa Belanda, koelkast. Koel berarti dingin, dan kast artinya kabinet atau lemari.

– Foto proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 (atas), diabadikan oleh kakak-beradik Alex Mendur dan Frans Mendur. Alex Mendur kemudian ditangkap tentara Jepang dan foto-fotonya dimusnahkan, sehingga hanya foto Frans yang selamat.

– Indonesia pernah tampil sekali dalam Piala Dunia FIFA, yakni tahun 1938 di Prancis (ketika itu masih Hindia Belanda). Hindia Belanda adalah negara Asia pertama yang tampil di Piala Dunia. Namun, mereka kalah 0-6 oleh Hungaria, sekali bermain dan langsung tersingkir.

– Sekitar 300 juta tahun lalu, hanya ada satu benua di bumi bernama Pangea. Ia dikelilingi oleh lautan global bernama Panthalassa. Pangea mulai pecah sekitar 175 juta tahun lalu.

– Beberapa sendok dan garpu umumnya dibuat dengan bahan stainless steel (baja tahan karat), material yang mengandung senyawa besi dicampur kromium minimal 10,5%. Bahan kromium dipakai untuk mencegah korosi (pengaratan logam).

– Tumbuhan kelapa sering dianggap sebagai ‘tumbuhan serbaguna’, karena bisa dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia (foto bawah).

– Kata “tiramisu”, kue dessert, berasal dari bahasa Italia berarti ‘bawalah aku’ atau ‘tariklah aku.’

– Pesan dari TMC Polda Metro Jaya: Dahulukan selalu kereta api, menerobos perlintasan kereta yang memberikan isyarat untuk berhenti dapat berakibat kecelakaan.

kelapa

Dikutip dari:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s