Rangkuman Beberapa Pengetahuan Umum Singkat (4)

Doraemon

Rangkuman Pengetahuan Umum Singkat kembali lagi dalam edisi keempat. Berbagai informasi bermanfaat dan perlu diketahui, ada di sini. Selamat membaca!

– Meski identik dengan anime Jepang, cosplay (costume play) bukan berasal dari Jepang. Cosplay dimulai pada era 1960-an di Amerika Serikat melalui konvensi fiksi ilmiah, dan baru terkenal di Jepang pada 1970-an.

– Kata kartun berasal dari bahasa Italia (cartone) dan Belanda (karton), yang berarti kertas tebal. Pada sekitar tahun 1800-an, gambar atau lukisan memang dibuat dalam sebuah kertas tebal.

– Awalnya, saat menciptakan skalanya Anders Celsius menetapkan 0 derajat sebagai titik didih, dan 100 derajat sebagai titik beku. Skala itu lalu dibalik oleh Carl Linnaeus setelah Celsius wafat pada 1744, untuk pengukuran lebih praktis.

– Titik di atas huruf ‘i’ dan ‘j’ seringkali disebut tittle yang berasal dari kata Latin, artinya sesuatu yang sangat kecil.

– Odol aslinya bukanlah sebutan bagi pasta gigi. Odol sebenarnya adalah merek pasta gigi asal Jerman yang dibawa tentara Hindia Belanda pada masa penjajahan.

– Patung Liberty adalah hadiah Prancis untuk Amerika Serikat atas seratus tahun kemerdekaan AS dan sebagai ungkapan persahabatan antarkedua negara.

– Pada 29 Juni 2012, UNESCO mengesahkan Subak (sistem pengairan sawah atau irigasi di Bali) sebagai salah satu situs warisan dunia.

– Ibu kota negara Thailand, Bangkok mempunyai nama lengkap yang diakui sebagai nama kota terpanjang di dunia oleh Guinness World Records (gambar paling bawah).

– Di cerita awalnya, Doraemon berwarna kuning dan mempunyai telinga. Telinganya lalu digigit robot tikus hingga habis. Akibat tak sengaja meminum cairan sedih dan terlalu lama menangis, warna kuning di badannya menjadi biru (gambar paling atas).

– Di Amerika Serikat terdapat negara bagian Washington dan wilayah ibu kota Washington DC. Washington DC bukan terletak di negara bagian Washington.

– Di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata-kata yang baku penulisannya antara lain: azan bukan adzan; izin bukan ijin; elite bukan elit; rapor bukan rapot; isap bukan hisap; imbau bukan himbau; komplet bukan komplit.

– Dalam jenis-jenis ketakutan (phobia) ada istilah tetraphobia (takut angka 4), triskaidekaphobia (takut angka 13), heptadekafobia (takut 17), dan hexakosioihexekontahexafobia (takut 666).

– Nama asli Oprah Winfrey adalah Orpah. Ia menggantinya karena rata-rata semua orang salah menyebutkan namanya menjadi Oprah.

– Ibu kota Sulawesi Selatan, Makassar, sebelumnya bernama Ujungpandang pada 1971 hingga 1999 agar perluasan wilayah ke Gowa dan Maros dapat dilakukan. Kini Ujungpandang menjadi nama sebuah kecamatan di Sulawesi Selatan.

– Kata ‘gas’ diciptakan oleh kimiawan Belgia, J.B. van Helmont, dari bahasa Yunani ‘chaos’ yang berarti tidak berbentuk.

Bangkok

Dikutip dari Twitter @infoLengkap dan Wikipedia (id.wikipedia.org dan en.wikipedia.org).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s