Rangkuman Beberapa Pengetahuan Umum Singkat (3)

kamera-digital-1975

Rangkuman Pengetahuan Umum Singkat kini hadir lagi dalam seri ketiga. Semoga bermanfaat, dan selamat membaca.

– Tokoh kartun Spongebob awalnya diberi nama “SpongeBoy”, tetapi tidak bisa karena sebuah produk pembersih sudah menggunakan nama itu.

– “Logistics” dari Swedia (dirilis pada 2012) adalah film dengan durasi terlama sepanjang masa, yakni 857 jam (sekitar 35 hari).

– Istilah “movies” yang kita kenal selama ini adalah kependekan dari “moving pictures“.

– Kamera digital pertama dunia diciptakan oleh insinyur Kodak, Steve Sasson pada tahun 1975. Kamera itu berukuran pemanggang roti, dan masih hitam putih. (foto atas)

– Dalam cerita asli dongeng Putri Duyung (The Little Mermaid), sang pangeran ternyata menikah dengan wanita lain. Sang putri duyung sakit hati dan memutuskan bunuh diri.

– Semua karakter serial kartun “Rugrats” diisi suaranya oleh wanita.

– Seekor anjing dari Rusia, bernama Laika, menjadi hewan pertama yang pergi ke luar angkasa. Laika menaiki pesawat luar angkasa Sputnik 2 pada tahun 1957.

– Permen karet pertama diciptakan pada tahun 1906 oleh Frank H. Fleer dan dinamai “Blibber-Blubber”. Namun, Blibber-Blubber tidak dijual secara komersial.

– Lumba-lumba tidak meminum air laut, tapi mendapat cairan dari makanan yang dikonsumsi. Minum air laut bisa membuat mereka sakit, bahkan mati.

– Dirgahayu bukan berarti ulang tahun, melainkan berumur panjang atau panjang umur.

– Koran pertama diterbitkan pada tahun 59 SM di Roma bernama Acta Diurna, saat itu dipahat pada batu dan berisi informasi atau berita untuk publik.

– Suara asli Ir. Soekarno saat membacakan teks naskah Proklamasi yang sering kita dengarkan, sebenarnya direkam tahun 1951 di studio Radio Republik Indonesia (RRI), Jakarta Pusat.

– Jika ingin mengecek seseorang yang stroke, mintalah ia menjulurkan lidahnya. Kalau lidahnya bengkok atau terjulur ke satu sisi atau lainnya, ia benar-benar mengalami stroke.

– Ekonomi Zimbabwe yang mengalami inflasi besar-besaran (79 miliar persen, November 2008) membuat negara ini pernah mengeluarkan uang 100 triliun dolar Zimbabwe (foto bawah).

– Lagu kebangsaan negara Yunani dan Siprus, Hymn to Liberty diakui sebagai lagu kebangsaan terpanjang di dunia berdasarkan panjang kalimat. Lagu ini diambil dari sebuah puisi setempat, terdiri dari 158 bait. Kini, hanya dua bait pertama dinyanyikan sebagai lagu kebangsaan.

100-triliun-dolar-zimbabwe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s