Rangkuman Beberapa Pengetahuan Umum Singkat (2)

liechtenstein-uzbekistan

Berikut ini adalah post kedua dari beberapa info singkat yang sudah dirangkum dari beberapa sumber, termasuk akun Twitter @infoLengkap dan situs Wikipedia.

– Olahraga basket awalnya memakai bola yang sama dengan sepak bola, kemudian pada 1929 diubah bentuknya menjadi seperti sekarang.

– Kata Disc Jockey (DJ) digunakan pertama kalinya pada tahun 1937.

– Tips saat cegukan: tarik napas lewat mulut, telan ludah tiga kali, keluarkan napas pelan-pelan dari hidung. Cegukan juga bisa berhenti saat bernafas dalam kantong kertas, karena jika kadar CO2 (karbon dioksida) meningkat, diafragma yang kejang bisa kembali tenang.

– Liechtenstein dan Uzbekistan adalah dua negara satu-satunya di dunia yang tidak berbatasan dengan laut, dan dikelilingi oleh wilayah negara lain. (foto atas)

– Sudiro (Gubernur DKI Jakarta periode 1953-1960) merupakan pencipta sistem rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW) di Jakarta.

– Popcorn pertama kali ditemukan oleh suku Aztec Indian, ribuan tahun lalu.

– Militer Amerika Serikat telah ditempatkan di lebih dari 150 negara di dunia.

– Susu domba memiliki protein lebih tinggi dibanding susu sapi, kambing, maupun kerbau.

– Kata bank berasal dari bahasa Italia (banco), artinya meja atau bangku. Kata itu digunakan di zaman Renaisans (abad 14 hingga 17), untuk menggambarkan bankir yang bertransaksi di atas meja yang ditutupi kain hijau.

– Nama teknologi nirkabel Bluetooth berasal dari julukan Harald I, raja Denmark di abad ke-10 yang berhasil menyatukan Skandinavia. (nirkabel = tanpa kabel)

– Seragam Pramuka dipilih berwarna cokelat muda dan tua, karena merupakan warna pejuang Indonesia saat perang kemerdekaan.

– Lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila dibuat oleh Sultan Hamid II dari Pontianak dan disempurnakan atas saran Presiden Soekarno. Garuda Pancasila diresmikan sebagai lambang negara Indonesia saat Sidang Kabinet Republik Indonesia Serikat pada 11 Februari 1950.

– Yoyo merupakan mainan kedua yang diciptakan di dunia, setelah boneka.

– Susu paling baik diminum saat malam hari karena osteoklas (sel-sel penghancur tulang) tidak bekerja di malam hari.

– Tokoh Superman awalnya diciptakan sebagai psikopat botak jenius dengan kekuatan telepati yang ingin menguasai dunia. Karena tak laku, Superman ditulis ulang sebagai pahlawan. Tokoh psikopat itu menjadi musuh utama Superman, Lex Luthor. (foto bawah)

reign-of-the-superman-2

One thought on “Rangkuman Beberapa Pengetahuan Umum Singkat (2)

  1. Pingback: Rangkuman Beberapa Pengetahuan Umum Singkat (3) | The Weekly Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s