Rangkuman Beberapa Pengetahuan Umum Singkat (1)

samsung-1938

Berikut ini adalah beberapa info singkat yang telah dirangkum dari akun Twitter @infoLengkap dan Wikipedia. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

– Meskipun namanya mengandung kata “french” (artinya Prancis), French Fries (kentang goreng) sebenarnya berasal dari Belgia.

– Nelson Mandela, Presiden Afrika Selatan tahun 1994-1999, menjadi kepala negara pertama di dunia yang berpidato dalam Sidang Umum PBB mengenakan batik Indonesia.

– Ponsel (telepon genggam) pertama di dunia bermassa dua kilogram dan dijual dengan harga US$3.995 (sekitar Rp48,5 juta, kurs 1 dolar AS = Rp12.132).

Veni, Vidi, Vici adalah kalimat bahasa Latin dari Julius Caesar (pemimpin Romawi 49 SM s/d 44 SM) yang berarti “datang, lihat dan menang”.

– Samsung didirikan pada 1938 oleh Lee Byung-chull dan awalnya hanya usaha pembuatan mi. Di akhir tahun 1960an, Samsung pindah usaha menjadi elektronik. (foto bawah)

– Sebelum nama klub sepak bola Manchester United diputuskan pada 1902, Manchester Celtic dan Manchester Central adalah nama yang diusulkan.

– Salah satu cara cepat untuk menghilangkan pedas adalah meminum susu. Kandungan lemak dan kasein dalam susu dapat menetralkan pedas.

– Headphone diciptakan oleh Nathaniel Baldwin pada tahun 1910, tetapi saat itu alat ini hanya digunakan dalam industri, contohnya telepon.

– RCTI memang adalah stasiun TV swasta pertama di Indonesia (diluncurkan 24 Agustus 1989), tapi awalnya hanya bersiaran di Jakarta. Sementara TPI merupakan stasiun TV swasta ketiga di Indonesia (diluncurkan 23 Januari 1991), tetapi menjadi televisi swasta pertama yang bersiaran secara nasional (karena saat itu menumpang frekuensi TVRI).

–  Nama surat kabar “Kompas” diusulkan oleh Presiden Soekarno, bermakna pemberi arah dan jalan dalam mengarungi lautan dan hutan rimba. Sebelumnya, Kompas direncanakan bernama Bentara Rakyat. Kompas pertama kali terbit pada 28 Juni 1965.

–  Saat berhadapan dengan ular kobra, tetap tenang, jangan bergerak, dan jangan menatapnya terlalu lama. Mereka akan mengarahkan racunnya ke mata Anda.

– WC merupakan singkatan dari water closet (kloset air). Pengguna hanya perlu menggerakkan gagang atau menekan tombol penyiram air usai buang air kecil atau buang air besar, jadi tidak perlu menyiram secara manual.

– Slogan 4 Sehat 5 Sempurna dicetuskan tahun 1950 oleh Prof. Poerwo Soedarmo, kini dikenal sebagai bapak gizi Indonesia. Komposisi 4 sehat 5 sempurna terdiri atas makanan pokok, lauk pauk, sayuran, buah-buahan, dan susu.

– Nurfitriyana Saiman, Kusuma Wardhani, dan Lilies Handayani, mendapat medali perak dalam Olimpiade Seoul 1988, di cabang panahan. Mereka menjadi atlet-atlet Indonesia pertama yang meraih medali dalam ajang Olimpiade. (foto bawah)

– Pesan dari Polda Metro Jaya: Jangan mengemudikan kendaraan saat mabuk atau terpengaruh minuman keras atau narkoba, karena rawan kecelakaan.

3-srikandi

One thought on “Rangkuman Beberapa Pengetahuan Umum Singkat (1)

  1. Pingback: Rangkuman Beberapa Pengetahuan Umum Singkat (3) | The Weekly Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s