Profil Hari Ini: Susilo Bambang Yudhoyono

Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono lahir di Pacitan, Jawa Timur, pada 9 September 1949. Beliau adalah Presiden Indonesia keenam yang menjabat dua periode. Periode pertamanya, bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla, dimulai pada 20 Oktober 2004 sampai 20 Oktober 2009. Sementara periode kedua berlanjut pada 20 Oktober 2009 hingga 20 Oktober 2014, kali ini bersama Wakil Presiden Boediono. SBY juga dikenal sebagai pendiri dan ketua umum Partai Demokrat.


Karier militer dan pemerintahan

SBY lahir dari pasangan Raden Soekotjo dan Siti Habibah. Seperti ayahnya, beliau juga bekerja di militer. Pada 1973, SBY lulus dari Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia. Setelah itu, ia memulai karir militernya pada 1974 hingga 1976 di Dan Tonpan Yonif Linud 330 Kostrad. Karirnya berlanjut di Kostrad dan beberapa bagian militer lainnya. SBY juga belajar di beberapa sekolah militer di Amerika Serikat. Di tahun 1997, ia diangkat sebagai Kepala Staf Teritorial TNI berpangkat Letnan Jenderal. Ia pensiun dari TNI pada 2001 karena menjadi menteri.

Beliau pernah tampil sebagai juru bicara Fraksi ABRI menjelang Sidang Umum MPR 1998 yang digelar 9 Maret 1998, dan Ketua Fraksi ABRI MPR dalam Sidang Istimewa MPR 1998.

Karier SBY di pemerintahan berawal ketika menjadi Menteri Pertambangan dan Energi (saat ini Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral) pada 26 Oktober 1999, dalam pemerintah Presiden Abdurrahman Wahid. Di pemerintahan yang sama, beliau dipindah menjadi Menko Polhukam (Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan) pada 23 Agustus 2000. Ia mundur pada 1 Juni 2001. Ketika masa Presiden Megawati Soekarnoputri, SBY kembali dijadikan Menko Polhukam pada 10 Agustus 2001. Namun, ia kembali mundur pada 11 Maret 2004.


Partai Demokrat dan presiden dua periode

SBY mendirikan Partai Demokrat pada 9 September 2002, dan semakin menguatkan namanya untuk meraih puncak karier dalam politik. Saat partainya dideklarasikan pada 17 Oktober 2002, SBY dicalonkan menjadi presiden pada Pemilu Presiden 2004 dengan Jusuf Kalla sebagai wakil. SBY-JK menang dalam Pemilu 2004 setelah menang dua ronde.

Mereka terpisah dalam Pilpres 2009, ketika keduanya mencalonkan diri sebagai presiden. SBY berpasangan dengan Boediono sebagai wakilnya, sementara JK bersama Wiranto. SBY kembali menjadi presiden untuk periode kedua setelah menang satu putaran.

Sejak reformasi, SBY adalah presiden Indonesia pertama yang terpilih dalam pemilihan secara langsung oleh rakyat serta terpilih kembali untuk kedua kalinya.


Fakta lain tentang SBY

SBY menikah dengan Kristiani Herawati (Ani Yudhoyono), putri ketiga Jenderal (Purnawirawan) Sarwo Edhi Wibowo, pada 30 Juli 1976. Dari pernikahan ini mereka dikaruniai dua anak laki-laki, Agus Harimurti Yudhoyono (lahir 1978) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (lahir 1980).

SBY juga dikenal sebagai pencipta lagu. Banyak lagu ciptaan beliau yang dinyanyikan sejumlah penyanyi terkenal Indonesia, antara lain Ku Yakin Sampai di Sana, Bangga Jadi Anak Indonesia, Berkelana Ke Ujung Dunia, Jiwaku Terang di Malam Itu, Untuk Bumi Kita, Rinduku Padamu, dan Bersatu dan Maju (Together We Can Rise). Hingga masa jabatannya sebagai presiden berakhir, SBY telah meluncurkan lima album lagu.


Dikutip dari Wikipedia Bahasa Indonesia (id.wikipedia.org). Foto dari www.nuga.co.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s