Kisah Inspiratif Lima Ilmuwan Terkenal Dunia

Setiap orang pasti mempunyai cerita inspiratif tentang masa hidupnya, yang berbeda-beda.

Berikut ini merupakan kisah inspiratif dari perjalanan hidup 5 ilmuwan terdahulu: Archimedes, Phytagoras, Albert Einstein, Thomas Alfa Edison, dan Isaac Newton.

Catatan: SM = sebelum Masehi


Archimedes

Archimedes adalah ahli matematika dan penemu asal Yunani. Lahir di tahun 287 SM dan wafat tahun 212 SM karena dibunuh tentara Rom ketika perang. Dia dijuluki sebagai Bapak Kalkulus. Kisahnya yang menarik, inspiratif, dan terkenal adalah penemuan hukum hidrostatik yang juga sering disebut sebagai hukum Archimedes.

Suatu hari, Archimedes diminta Raja Hieron II menyelidiki apakah mahkota emasnya dicampur perak. Archimedes memikirkan masalah ini sungguh-sungguh, hingga merasa sangat letih dan menceburkan dirinya dalam bak mandi umum yang penuh dengan air. Lalu, ia melihat ada air yang tumpah ke lantai dan seketika menemukan jawabannya.

Archimedes bangkit, kemudian berlari sepanjang jalan ke rumahnya dengan telanjang bulat. Di rumah, dia berteriak kepada istrinya, “Eureka! Eureka!” yang artinya “sudah kutemukan! sudah kutemukan!” Ia membuktikan bahwa mahkota raja dicampuri perak. Tukang pembuat mahkota pun dijatuhi hukuman mati.

Penemuannya yang lain adalah matematis tuas, sistem katrol yang dicobanya dengan menarik sebuah kapal sendirian. Ulir penak, yaitu model planetarium yang dapat menunjukkan gerakan matahari, bulan, planet-planet, dan kemungkinan rasi bintang di langit.

Dalam hal matematika, Archimedes berhasil menemukan nilai pi (π) yang lebih mendekati dari ilmuwan sebelumnya, yaitu 223/71 dan 220/70.


Phytagoras

Matematikawan dan filsuf asal Yunani ini lahir pada 570 SM dan wafat tahun 495 SM.

Salah satu peninggalan terkenal dari Pythagoras adalah teorema Pythagoras, yang menyatakan “kuadrat hipotenusa suatu segitiga siku-siku adalah sama dengan jumlah kuadrat kaki-kakinya (sisi-sisi siku-sikunya).” Menurut cerita, ia menemukan dalil itu saat mengamati susunan lantai bersegitiga di rumah temannya. Perhitungan ini pertama kali diterapkan oleh perentang tali di Mesir untuk tanah dengan tali-tali bersimpul.

Pythagoras juga mempelajari ilmu musik. Ketika melewati bengkel pandai besi, dia terinspirasi berbagai suara yang dihasilkan pukulan martil. Semakin pendek pegangan martil, makin tinggi frekuensi nada yang dihasilkan. Dari situ, ia membuat jenis-jenis kecapi dan seruling.


Albert Einstein

Albert Einstein lahir di Ulm, Kerajaan Wuettemberg, Prusia Raya (Jerman) pada 14 Maret 1879. Dia wafat pada 18 April 1955 di New Jersey, Amerika Serikat. Einstein dikenal luas karena teori relativitas-nya (E = mc2) dan efek fotoelektrik. Selama hidupnya, ia berganti-ganti status warga negara, mulai dari Jerman, Swiss, Austria, hingga akhirnya di Amerika Serikat. Bahkan, Einstein pernah tidak memiliki kewarganegaraan pada tahun 1896 hingga 1901.

Cara bicaranya di masa kecil tidak begitu baik. Kemampuan berbicaranya sangat lambat. Hal ini membuatnya pernah gagal di sekolah, dan kepala sekolah menganggapnya murid yang sangat bodoh. Kemampuan berbahasanya memang lebih rendah dibanding kemampuannya di bidang numerika atau matematika.

Einstein juga merupakan anak yang baik dan suka menolong. Hidupnya sangat sederhana. Dia sama sekali tidak menginginkan popularitas, kekayaan, dan kemewahan hidup demi mencapai kebahagiaan. Ia menciptakan kebahagiaannya sendiri dari hal-hal sederhana, misalnya belajar, bermain musik, dan bekerja.

Untuk menghargai jasa-jasanya, sebuah satuan dalam fotokimia dinamai einstein, suatu unsur kimia dinamai einsteinium, dan sebuah asteroid diberi nama 2001 Einstein. Pada tahun 1921, ia diberikan Penghargaan Nobel Fisika untuk efek fotolistrik dan “pengabdian bagi fisika teoretis.” Pada 1999, Majalah Time menobatkannya sebagai “Tokoh Abad Ini” (abad ke-20).


Thomas Alfa Edison

Thomas Alva Edison merupakan seorang penemu dan pengusaha asal Amerika Serikat. Ia lahir pada 11 Februari 1847 dan wafat pada 18 Oktober 1931. Ia dikenal luas sebagai penemu lampu pijar, proyektor, gramofon (alat perekam dan produksi suara), serta kinetoskop.

Pada masa kecilnya, Edison selalu mendapatkan nilai buruk di sekolah. Oleh karena itu, ibunya memberhentikannya dari sekolah dan mengajar sendiri di rumah. Edison dapat dengan bebas membaca buku-buku ilmiah dewasa dan mengadakan percobaan ilmiah di rumah.

Edison sulit mendengar dengan baik, penyebabnya berbeda-beda menurut beberapa sumber. Ada yang menyebut (1) akibat demam ketika masih kecil, (2) infeksi bagian tengah telinga yang tidak diobati, sampai (3) telinganya dipukul kondektur kereta api ketika laboratorium kimianya di gerbong barang terbakar.

Dalam menciptakan lampu, Edison membuat 9.955 lampu pijar yang berakhir gagal. Namun ia tidak menyerah, cara berpikirnya sangat positif. Pada 22 Oktober 1879, ia menguji coba lampu yang akhirnya berhasil dan menyala hingga 13,5 jam. Di tahun yang sama, pada 31 Desember, Edison mendemonstrasikan lampu hasil ciptaannya itu ke publik.

Di tahun 1890, Edison mendirikan Edison General Electric Company, gabungan dari empat bisnis berbeda milik Edison. Pada 1892, Edison General Electric Company bergabung dengan Thomson-Houston Electric Company membentuk General Electric (GE).

Edison dianggap sebagai salah satu penemu paling produktif pada masanya, memegang 1.093 jenis paten di Amerika Serikat atas namanya sendiri, ditambah paten-paten di negara lain. Dia juga banyak membantu dalam sistem pertahanan Amerika Serikat.


Isaac Newton

Newton adalah fisikawan, matematikawan, ahli astronomi, teolog, dan filsuf dari Inggris. Ia lahir pada 4 Januari 1643, prematur dengan tubuh sangat kecil, dan dalam keluarga petani.

Saat masa kanak-kanak, Newton sudah menunjukkan keunggulannya di bidang mekanika dan cekatan menggunakan tangan. Ketika berusia 17 tahun, ibunya mengeluarkannya dari sekolah dengan harapan menjadi petani. Untungnya sang ibu mampu dibujuk, bahwa bakat utamanya tidak di situ. Pada umur 18 tahun, Newton masuk Universitas Cambridge.

Newton terkenal akan kisahnya menemukan hukum gravitasi. Cerita yang terkenal, dia sedang berjalan di taman, lalu duduk di bawah pohon apel, dan melihat sebuah apel jatuh dari pohon. Padahal, ia mengaku sedang di dalam rumah dan melihat dari jendela saat kejadian itu. Hal itu menjadi inspirasinya menemukan teori gravitasi.

Newton menghasilkan banyak penemuan termasuk mekanika, hukum gerak Newton, kalkulus, dan optika. Ia juga dijuluki sebagai bapak ilmu fisika klasik.

Ia dikenal sangat religius. Ia melihat Tuhan sebagai pencipta utama yang keberadaannya tidak dapat disangkal di depan keagungan segala ciptaan. Newton diketahui tidak menikah. Newton wafat pada 20 Maret 1727. Namanya diabadikan menjadi satuan besar gaya (N).


Dikutip dari:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s