Profil Hari Ini: Hatta Rajasa

219137_hut-pan-ke-15_663_382

M. Hatta Rajasa lahir di Palembang, Sumatera Selatan pada 18 Desember 1953. Hatta memiliki seorang istri bernama Oktiniwati Ulfa Dariah Rajasa serta empat anak yaitu M. Reza Rajasa, Siti Rubi Aliya Rajasa, Azimah Rajasa, dan Rasyid Rajasa. Beliau adalah lulusan teknik perminyakan Institut Teknologi Bandung (ITB), angkatan tahun 1973.

Hatta sebelumnya adalah seorang pengusaha dan CEO sukses yang kini telah menjadi politisi. Semua perusahaannya dijual setelah bergabung ke politik. Selama kariernya, Hatta berprinsip hanya ingin berkonsentrasi pada satu bidang tanpa adanya gangguan dari bidang kerja lain. Di bidang politik, beliau tergabung dalam Partai Amanat Nasional (PAN).

Pada awalnya, Hatta menjabat Ketua Departemen Sumber Daya Alam dan Energi di PAN. Satu tahun kemudian, di tahun 2000 ia menjabat Sekretaris Jenderal DPP PAN. Pada Pemilu 1999, ia terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dari PAN, wilayah pemilihan Bandung. Di sana, ia menjabat ketua Fraksi Reformasi DPR. Hatta keluar dari DPR-MPR pada 2001 karena dipilih menjadi Menteri Riset dan Teknologi.

Pada 2010, beliau dipilih secara aklamasi (persetujuan seluruh anggota) menjadi Ketua Umum DPP PAN 2010-2015, menggantikan Soetrisno Bachir.

Kemudian, dalam kabinet pemerintahan, Hatta pernah menjabat sebagai:

  • Menteri Negara Riset dan Teknologi (2001-2004), Kabinet Gotong Royong
  • Menteri Perhubungan (2004-2007), Kabinet Indonesia Bersatu I
  • Menteri Sekretaris Negara (2007-2009), Kabinet Indonesia Bersatu I
  • Menteri Koordinator Perekonomian (2009-2014), Kabinet Indonesia Bersatu II

Pada 19 Mei 2014, Hatta mengumumkan diri menjadi calon wakil presiden dalam Pemilu 2014 bersama Prabowo Subianto sebagai calon presiden. Mereka didukung oleh enam partai politik yaitu Gerindra, PAN, PKS, PPP, PBB (Partai Bulan dan Bintang), dan Golkar. Namun, pasangan ini kalah dari pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Prabowo-Hatta meraih 46,85% suara, sementara Jokowi-JK menang dengan 53,15% suara. Prabowo-Hatta lalu melakukan gugatan hasil tersebut ke Mahkamah Konstitusi (MK), namun ditolak.


Dikutip dari id.wikipedia.org, sumber foto dari news.viva.co.id.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s