Profil Hari Ini: Jusuf Kalla

Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla (juga sering dipanggil JK) adalah seorang politisi asal Indonesia. Ia merupakan lulusan Fakultas Ekonomi dari Universitas Hasanuddin, Sulawesi Selatan. Beliau memiliki seorang istri bernama Hj. Mufidah Miad Saad serta 5 anak dan 10 cucu.

Jusuf Kalla merupakan wakil presiden Indonesia untuk dua periode, yaitu pada 2004-2009 dan 2009-2014. Beliau juga menjadi Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) sejak 2009. Dalam bidang politik, JK tergabung sebagai kader dari Partai Golongan Karya (Golkar).


Awal hidup JK dan menjadi pengusaha

Jusuf Kalla lahir di Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan pada 15 Mei 1942, anak ke-2 dari 17 bersaudara pasangan Haji Kalla dan Athirah. Ayahnya adalah seorang pengusaha yang memiliki usaha Kalla Group. Bisnis keluarga tersebut didirikan pada tahun 1953 dengan nama NV. Hadji Kalla Trading Company.

Setelah lulus SMA, JK berkuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin. Semasa kuliah, ia bergabung dalam Pelajar Islam Indonesia (PII), Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI), dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

JK lulus kuliah pada tahun 1967. Kondisi ekonomi yang tengah parah saat itu, sempat membuat ayahnya berencana menutup usahanya. Namun, JK berpikir untuk meneruskan usaha ayahnya itu. Sehingga, pada tahun 1968, ia menjadi CEO NV Hadji Kalla. Dalam masanya, NV Hadji Kalla berkembang dari hanya bisnis ekspor-impor ke bidang hotel, konstruksi, penjualan kendaraan, perkapalan, real estate, transportasi, peternakan udang, kelapa sawit, dan telekomunikasi.

Di tahun 1977, JK berhasil menyelesaikan pendidikan di INSEAD, sekolah bisnis internasional di Fontainebleau, Prancis. Sebelum terjun ke politik, ia pernah menjadi Ketua Kamar Dagang dan Industri Daerah (Kadinda) Sulawesi Selatan pada 1985 hingga 1998.


Karier JK dalam politik

Dalam bidang politik, JK pernah menjadi anggota DPRD Sulawesi Selatan. Kemudian, pada 1987 hingga 1999 ia terpilih menjadi anggota MPR perwakilan Sulawesi Selatan.

Karier beliau di dalam pemerintahan dimulai pada 1999, ketika menjadi Menteri Perdagangan di era presiden Abdurrahman Wahid/Gus Dur. Pada April 2000 ia diberhentikan akibat dituduh KKN, meski Gus Dur tidak pernah memberi bukti terhadap tuduhan itu.

JK kemudian menjadi Menko Kesejahteraan Rakyat di era presiden Megawati Soekarnoputri. Ia berhasil menyelesaikan beberapa konflik daerah saat itu, seperti di Poso, Ambon, dan Maluku. JK mengundurkan diri pada 2004 karena dicalonkan sebagai wakil presiden untuk Pilpres 2004, bersama calon presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

JK juga menjadi Ketua Umum Partai Golkar pada Desember 2004 hingga Oktober 2009.


Pemilu Presiden 2004 dan 2009

Setelah menjalani Pilpres 2004 selama dua putaran, SBY-JK dinyatakan sebagai pemenang usai unggul suara atas pasangan Megawati Soekarnoputri-Hasyim Muzadi. SBY-JK adalah pasangan presiden dan wakil presiden Indonesia pertama yang dipilih langsung oleh rakyat.

Sayangnya mereka berpisah di Pemilu 2009, ketika keduanya maju sebagai calon presiden. SBY berpasangan dengan Boediono, sedangkan JK dengan Wiranto. Pilpres 2009 diikuti 3 pasangan capres-cawapres, yang satu lagi yakni Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto. SBY kembali menang kali ini dengan satu putaran saja, dengan 60,80% suara. Sementara JK-Wiranto berada di posisi ketiga dengan hanya 12,41% suara.


Pemilu Presiden 2014

Jusuf Kalla dicalonkan sebagai calon wakil presiden mendampingi Joko Widodo (Jokowi) dalam Pemilu Presiden 2014. Pasangan ini diusung lima partai politik: PDI Perjuangan, Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Hanura, serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Koalisi ini dinamakan Koalisi Indonesia Hebat.

Lawan mereka adalah Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, yang diusung oleh Koalisi Merah Putih: Partai Gerindra, Partai Golkar, PPP, PKS, PBB, dan PAN. Jokowi-JK unggul dengan 53,15% suara, sementara Prabowo-Hatta merebut 46,85% suara. Dengan demikian, JK kembali menjadi wakil presiden untuk periode kedua, untuk 2014-2019, bersama Jokowi sebagai presiden.


Dikutip dari id.wikipedia.org dan en.wikipedia.org. Foto dari www.kapanlagi.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s