Profil Hari Ini: Paus Fransiskus

Paus Fransiskus (lahir bernama Jorge Mario Bergoglio di Buenos Aires, Argentina, 17 Desember 1936) adalah Paus ke-266. Beliau terpilih sebagai Paus pada 13 Maret 2013, hari kedua Konklaf Kepausan 2013. Dengan demikian, ia juga adalah pemimpin Gereja Katolik Roma dan sekaligus kepala negara Vatikan.

Bergoglio adalah anak pertama dari lima bersaudara. Ia memegang gelar master bidang kimia dari Universitas Buenos Aires. Meski begitu, Bergoglio justru memilih bergabung ke seminari di Villa Devoto dan bergabung dengan Serikat Yesus pada 1958. Dengan gelar bidang filsafat dari Colegio Máximo San José di San Miguel, dia mengajar studi literatur dan psikologi di Colegio de la Inmaculada di Santa Fe, Buenos Aires. Sesudah itu, ia belajar filsafat dan teologi di Faculty of San Miguel, seminari di San Miguel. Dia kemudian mengajar di seminari ini hingga meraih gelar profesor teologi. Bergoglio menjadi rektor Fakultas Filosofi dan Teologi di Seminari San Miguel pada 1980 hingga 1986.

Sejak 1998 hingga menjadi Paus, ia menjabat Uskup Agung Buenos Aires dan diangkat sebagai Kardinal pada 2001 oleh Paus Yohanes Paulus II. Paus dapat berbicara dalam bahasa Spanyol, Italia, dan Jerman secara lancar. Bergoglio adalah imam Yesuit pertama dan Paus pertama dari luar Eropa sejak Paus Gregorius III dari Suriah wafat tahun 741.

Saat menjabat sebagai kardinal, Bergoglio dikenal sebagai sosok rendah hati, konservatif, serta berkomitmen kuat terhadap keadilan sosial. Gaya hidup sederhana menguatkan sikap rendah hatinya. Ia memilih tinggal di apartemen kecil daripada kediaman resmi Keuskupan. Bergoglio diketahui juga menolak menggunakan supir dan limosin. Meski menyatakan menghormati gay dan lesbian sebagai individu, ia menentang keras undang-undang yang dikeluarkan pada 2010 di Argentina yang melegalkan pernikahan sesama jenis.

Bergoglio mengambil nama regnal Paus “Fransiskus” guna menghormati Santo Fransiskus dari Asisi, serta menjadi lambang kemiskinan, kerendahhatian, kesederhanaan, dan pembangunan kembali Gereja Katolik.

Karena kerendahan hati dan persahabatannya kepada semua golongan, majalah TIME memilih Paus Fransiskus sebagai “Tokoh Tahun Ini” pada 11 Desember 2013.

Dikutip dari Wikipedia Bahasa Indonesia (id.wikipedia.org). Foto dari www.merdeka.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s