Web Browser atau Penjelajah Web

Penjelajah web (web browser) adalah perangkat lunak yang menerima dan menyajikan sumber informasi di Internet. Meski terutama ditujukan untuk mengakses Internet, web browser dapat juga digunakan untuk mengakses informasi yang disediakan web server dalam jaringan pribadi atau berkas dalam sistem berkas. Beberapa web browser yang terkenal yakni Internet Explorer (sekarang Microsoft Edge), Google Chrome, Firefox, Opera, dan Safari.

Web browser pertama di dunia adalah WorldWideWeb yang diciptakan pada 26 Februari 1991 oleh Tim Berners-Lee. Marc Andreessen memulai inovasi web browser lewat produknya Mosaic (kemudian Netscape) pada 1993, membuat sistem Internet mudah digunakan dan lebih mudah diakses. Browser ciptaan Andreessen ini memicu lonjakan popularitas Internet di era 1990-an, menjadikan Mosaic sebagai “peramban web populer pertama di dunia.”

Web browser dapat menampilkan informasi di Internet karena ada web server, yaitu komputer yang tergabung dalam jaringan atau Internet yang memberikan informasi.

Awalnya, web browser meminta dan menerima data dari web server lewat sebuah protokol yang disebut HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Ada berbagai jenis protokol lainnya, seperti FTP (File Transfer Protocol), RTSP (Real Time Streaming protocol), serta HTTPS (HTTP terenkripsi). File yang dikirim dalam web biasa berekstensi htm atau html. HTML (Hypertext Markup Language) adalah standar bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi, dan membuat situs web itu terlihat menarik.


Bagian-bagian web browser dan URL

web-browser

Untuk dapat mengakses sebuah situs web, pengguna web browser harus menentukan alamat situs web tersebut, yaitu URL (Uniform Resources Locator).

URL umumnya terdiri atas jenis protocol yang digunakan untuk mengakses informasi tersebut, FQDN (fully qualified domain name), dan penunjuk atau nama file yang menampung informasi. FQDN terbagi lagi atas nama host, tempat komputer berada baik secara fisik atau kepemilikan, dan jenis organisasi kepemilikan (contohnya com, co.id, org, gov, co.uk, dan lainnya).

Tampilan dan ikon-ikon dari web browser secara umum adalah sebagai berikut.

– Area untuk menampilkan halaman web yang sedang dikunjungi.

– Back (kembali) dan forward (maju) untuk kembali ke halaman atau situs web yang dikunjungi sebelumnya, atau maju ke halaman web yang baru saja ditinggalkan.

– Tombol refresh atau reload, untuk mengulangi proses akses halaman web.

– Tombol stop (berhenti), untuk menghentikan proses akses halaman web yang berlangsung.

– Tombol home, menampilkan halaman web awal dari browser yang telah diatur sebelumnya.

– Address bar, guna memasukkan atau menampilkan alamat URL situs web yang akan maupun sedang dikunjungi.

– Status bar menampilkan status yang sedang dilakukan web browser, yakni sedang membuka halaman web (opening) atau selesai membuka halaman web (done).

– Dalam web browser versi baru juga terdapat search bar, untuk memasukkan kata kunci yang akan ditelusuri dalam search engine.


Mesin pencari data (search engine)

Web search engine adalah salah satu layanan Internet untuk mencari informasi di World Wide Web (WWW). Informasi tersebut bisa berupa halaman web, gambar, maupun tipe-tipe file lain. Beberapa search engine juga menyediakan layanan newsgroup dan database. Beberapa search engine yang terkenal antara lain Google, Yahoo, dan Bing.

Perangkat mesin pencari yang pertama kali digunakan untuk melakukan pencarian di Internet adalah Archie, yang berasal dari kata archive tanpa menggunakan huruf v. Archie dibuat tahun 1990 oleh Alan Emtage, Bill Heelan, dan J. Peter Deutsch, mahasiswa ilmu komputer Universitas McGill, Amerika Serikat. Sementara Google diciptakan pada tahun 1998, Yahoo! pada 2004, dan Bing pada 2009 (sebelumnya Live Search).

Search engine bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang banyak halaman web, yang diambil langsung dari WWW. Halaman ini diambil oleh web crawler (browser web otomatis yang mengikuti pranala atau link yang dilihatnya). Isi tiap halaman dianalisa untuk menentukan cara indeks (misal, kata-kata diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag).

Data tentang halaman web lalu disimpan dalam suatu database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Saat seseorang memasukkan kata kunci (query), search engine mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang sesuai dengan kata kunci, biasanya disertai sebagian teks pada halaman tersebut. Untuk membuat pencarian lebih spesifik, search engine juga mendukung search menurut tanggal dan simbol (+, -, AND, OR, NEAR, NOT, dan lain-lain).


Dikutip dari Wikipedia Bahasa Indonesia, id.wikipedia.org.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s