E-mail atau Surel: Surat Elektronik

E-mail (electronic mail atau surat elektronik) merupakan salah satu layanan Internet yang dapat digunakan untuk berkomunikasi secara tertulis atau surat menyurat secara elektronik.

E-mail mulai dipakai pada tahun 1960-an. Saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan dari “mainframe” yang terbentuk sebagai jaringan. Baru mulai tahun 1980-an, e-mail sudah dinikmati umum. Sekarang ini, banyak usaha pos yang penghasilannya menurun karena masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.

Ada tiga alasan mengapa orang lebih memilih e-mail: murah, mudah, dan cepat. Murah, karena umumnya biaya yang dikeluarkan hanyalah biaya sambungan Internet. Mudah, karena seluruh pengiriman cukup dilakukan dari komputer. Cepat, karena e-mail hanya membutuhkan waktu pengiriman dalam hitungan detik.

Ada dua cara untuk mengakses e-mail:

– Pertama, menggunakan web browser seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, dll. Metode ini disebut web-based, artinya menggunakan web sebagai perantara menuju kotak e-mail.

– Kedua, lewat program pengakses surat elektronik (e-mail client) seperti Eudora Mail, Outlook Express, Windows Mail, Mozilla Thunderbird, dan Mutt.

Setiap orang yang ingin memakai layanan e-mail, harus memiliki alamat e-mail. Format alamat e-mail yaitu namapemilik@namaserver.namadomain. Untuk memilikinya, kita harus menuju ke salah satu penyedia e-mail (seperti Yahoo), dan pilih Sign Up (mendaftar). Kemudian, masukkan data diri dan ikuti prosedur yang ada. Alamat e-mail juga bisa digunakan untuk keperluan lain, seperti mendaftar di media sosial (misalnya Facebook dan Twitter) maupun website lain.

Salah satu fasilitas yang disediakan di Internet yaitu milis (mailing list). Milis adalah grup diskusi dimana setiap orang bisa berlangganan dan ikut menjadi anggota. Sederhananya, milis adalah daftar alamat e-mail dengan kesukaan dan kepentingan yang sama. Lewat milis bisa diketahui beragam informasi, mulai dari lowongan pekerjaan, lowongan magang, sampai berita terbaru. Para anggota dapat membaca e-mail dari orang lain dan mengirimkan balasannya.

Dikutip dari Wikipedia Bahasa Indonesia, id.wikipedia.org.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s