Profil Hari Ini: Steve Jobs

Steve Jobs adalah seorang pebisnis dan inovator asal Amerika Serikat. Dia dikenal luas sebagai pendiri pendamping, ketua, dan mantan CEO Apple. Jobs lahir di San Francisco, negara bagian California pada 24 Februari 1955 dan wafat di Palo Alto, California pada 5 Oktober 2011.

Jobs sebelumnya juga pernah menjabat pejabat eksekutif Pixar Animation Studios. Pada tahun 2006, ia juga menjadi anggota dewan direktur The Walt Disney Company, setelah akuisisi Pixar oleh Disney. Namanya tercantum sebagai produser eksekutif film Toy Story pada 1995.


Awal hidup Steve Jobs

Jobs lahir dari orangtua biologisnya, Abdulfattah Jandali asal Suriah dan Joanne Carole Schieble dari Amerika Serikat. Orangtua biologisnya lalu menyepakati Paul dan Clara dari San Fransisco, California sebagai orangtua asuh. Paul dan Clara kemudian menamai anak itu Steven Paul Jobs. Awalnya, Joanne menolak Paul-Clara sebagai orangtua adopsi sebab keduanya adalah keluarga buruh dan menuntutnya ke pengadilan. Namun, ia kemudian merelakannya setelah Paul-Clara berjanji membawa Jobs belajar hingga ke perguruan tinggi.

Ayah asuh Steve Jobs, Paul, sangat menyukai mekanika. Jobs sering membantu Paul membuat berbagai peralatan. Saat ia berusia 10 tahun, Jobs sudah mahir dalam elektronik dan berteman dengan banyak insinyur yang tinggal di lingkungannya. Sementara itu, di kelasnya, Jobs dikenal sebagai murid yang penyendiri.

Pada 1968, Jobs diberi pekerjaan musim panas oleh Bill Hewlett (perusahaan Hewlett Packard) setelah Jobs membujuknya demi meminta bagian untuk sebuah proyek elektronik.

Pada 1973, Jobs bekerja sebagai teknisi di Atari, perusahaan produsen permainan video.


Apple: 1976-1984

Pada 1976, Steve Jobs bersama Steve Wozniak dan Ronald Wayne mendirikan Apple Computer, usai Wozniak membuat komputer Apple I, sekaligus menjadi produk pertama mereka. Setelah itu, beberapa produk Apple lainnya antara lain Apple II, Apple III, dan Apple Lisa. Di tahun 1984, Apple memperkenalkan Macintosh (Mac). Komputer ini berukuran lebih kecil dari produk Apple sebelumnya, dan sukses komersial dengan antarmuka pengguna grafis dan mouse.

Penurunan penjualan di seluruh industri menjelang akhir 1984 membuat keretakan hubungan kerja Jobs dengan CEO Apple saat itu, John Sculley. Pada akhir Mei 1985, Sculley membuat PHK besar-besaran, serta mengakhiri jabatan Jobs sebagai kepala divisi Macintosh. Jobs dipindah ke divisi lain, membuat peran Jobs di Apple berkurang drastis.

Akhirnya, pada September 1985, Jobs memutuskan untuk mundur dari Apple.


NeXT: 1985–1997

Tidak lama setelah mundur dari Apple, Jobs mendirikan NeXT, perusahaan pembuat komputer untuk pasar pendidikan tinggi dan bisnis. NeXT memperkenalkan NeXT Computer pertamanya pada 1988, serta NeXTcube dan NeXTstation yang berukuran lebih kecil tahun 1990. Penjualan komputer NeXT relatif terbatas, dengan sekitar 50.000 unit yang berhasil terjual.

NeXT menarik diri dari bisnis perangkat keras di tahun 1993. Mereka juga membuat beberapa perangkat lunak seperti sistem operasi NeXTSTEP, pembuat kerangka aplikasi web perusahaan WebObjects, sistem email NeXTMail, dan software vektor Altsys Virtuoso.


Kembali ke Apple: 1997-2011

NeXT diakusisi Apple tahun 1996, dan akhirnya membawa kembali Jobs ke perusahaan yang ia dirikan. Ia ditunjuk menjadi CEO sementara pada September 1997, dan di tahun 2000 menjadi CEO tetap. Setelah Jobs kembali, Apple bercabang ke bisnis elektronik konsumen dan distribusi musik (iPod, iTunes, iTunes Store) hingga telepon seluler (iPhone). iPad diluncurkan pada 2001. iPhone dirilis pada 2007, dan di tahun yang sama, perusahaan Apple Computer berganti nama menjadi Apple Inc. dengan perkembangannya di luar bisnis komputer.

Dalam kepemimpinannya di Apple maupun NeXT, beliau dikenal agresif, tempramen, dan suka menuntut. Namun, semasa hidupnya, ia juga dikenal sebagai salah satu tokoh inspiratif. Setiap pidatonya disampaikan unik, tidak membosankan, dan penuh makna.

Pada Agustus 2011, Jobs mengundurkan diri sebagai CEO Apple dan posisinya digantikan oleh Tim Cook. Ia tetap di perusahaan itu sebagai ketua dewan perusahaan.


Steve Jobs dan Pixar

Pada 1986, Steve Jobs mengakuisisi divisi grafis komputer dari Lucasfilm Ltd dan The Graphics Group (kemudian ganti nama menjadi Pixar Animation Studios). Ia menjadi CEO dan pemegang saham terbesarnya sebanyak 50,1% sampai diambil alih The Walt Disney Company pada 2006. Perusahaan ini awalnya adalah pengembang komputer grafis canggih. Setelah bertahun-tahun gagal menjual Pixar Image Computer, perusahaan dikontrak Disney untuk membuat sejumlah film animasi komputer yang didanai bersama dan didistribusikan oleh Disney.

Sejumlah film beranimasi terkenal yang diproduksi Pixar di antaranya Toy Story (1995), Toy Story 2 (1999), Monsters, Inc. (2001), Finding Nemo (2003), The Incredibles (2004), Cars (2006), Ratatouille (2007), WALL-E (2008), Up (2009), dan Toy Story 3 (2010).


Fakta lain tentang Steve Jobs

Steve Jobs wafat di kediamannya di Palo Alto, California pada 5 Oktober 2011 akibat komplikasi kanker pankreas. Jobs divonis menderita kanker pada Oktober 2003. Dia diketahui pernah cuti dari jabatannya karena alasan medis, pertama kali pada Januari 2009 serta kedua pada Januari 2011. Pada April 2009, Jobs sukses menjalani transplantasi liver.

Steve Jobs menikah dengan Laurene Powell pada 18 Maret 1991. Keduanya dikaruniai seorang putra dan dua putri. Dia juga memiliki seorang putri, Lisa Brennan-Jobs (lahir tahun 1978), dari hubungannya dengan pelukis asal San Francisco, Chrisann Brennan.

Steve Jobs diketahui merupakan penggemar The Beatles, bahkan ia mengaku menjadikan grup band asal Inggris era 60an itu sebagai model bisnisnya.

Tahun 2007, Steve Jobs diberi gelar tokoh bisnis terkuat oleh majalah Fortune. Pada Desember 2010, Financial Times memberi Jobs gelar sebagai tokoh tahun ini.

Kisah hidup Steve Jobs telah diturunkan dalam buku biografi Steve Jobs (ditulis Walter Isaacson) dirilis pada 24 Oktober 2011, dan film Steve Jobs (sutradara Danny Boyle) pada 2015.


Dikutip dari Wikipedia (id.wikipedia.org dan en.wikipedia.org).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s