Profil Tokoh: Indra Sjafri

Indra Sjafri lahir di Lubuk Nyiur, Batang Kapas, Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada 2 Februari 1963. Beliau adalah mantan pemain sepak bola yang kemudian menjadi pelatih tim sepak bola Indonesia. Ia dipercaya menjadi pelatih timnas junior Indonesia seperti Timnas U-12, U-16, dan U-19 yang dijuluki tim Garuda Muda. Indra pernah membawa timnas junior merebut trofi juara dalam turnamen HKFA U-17 dan HKFA U-19 di Hongkong, pada 2012.

Indra pernah menjadi pemain PSP Padang pada 1980-an, dan selanjutnya juga melatih tim itu. Kariernya di sepak bola sempat terhenti karena memutuskan bekerja di Pos Indonesia cabang Kota Padang. Sebelumnya, Indra bertugas sebagai instruktur dan pemandu bakat di PSSI sejak Mei 2009 hingga menjadi manajer timnas U-16 pada 2011.

Dua tahun kemudian, Indra menjadi pelatih timnas U-19. Di sinilah, beliau berhasil membawa gelar juara AFF Cup U-19 2013 bagi Indonesia. Dalam final di Stadion Delta Sidoarjo, Jawa Timur pada 22 September 2013, Indonesia mengalahkan Vietnam dalam laga dramatis yang berakhir adu penalti, dimana Garuda Muda menang 7-6. Gelar ini menjadi kali pertama dalam 22 tahun dimana Indonesia tak pernah meraih juara satu pun, di Asia Tenggara dan level lebih tinggi.

Tidak lama, Indra kembali mengawal Timnas U-19 dalam kualifikasi Piala AFC U-19. Dalam laga versus Korea Selatan pada 12 Oktober 2013, Indonesia mengalahkan juara bertahan Piala Asia ini dengan skor 3-2, membuat Timnas U-19 menjadi juara kualifikasi Grup G dan mengantarkan Timnas U-19 ke putaran final Piala AFC U-19 2014 di Myanmar. Namun sayang, Indonesia gagal juara setelah hanya bermain hingga penyisihan grup.

PSSI kemudian memecat Indra karena tidak mencapai target untuk turnamen itu, yakni hingga semifinal (4 besar) serta sekaligus ke Piala Dunia U-20 2015 di Selandia Baru. Tidak lama, pada 17 Desember 2014, Indra dipilih untuk melatih klub Bali United.

Indra Sjafri memiliki istri bernama Temi Indrayan, dan dua anak: Aryandra Andaru dan Diandra Aryandari. Beliau adalah lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, Sumatera Barat.

Sumber: id.wikipedia.org, www.uniqpost.com, www.okezone.com. Foto: www.merdeka.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s