Profil Tokoh: Evan Dimas Darmono

Evan Dimas

Evan Dimas Darmono (lahir di Surabaya, Jawa Timur, 13 Maret 1995) adalah pemain sepak bola Indonesia yang bermain di posisi gelandang. Dia adalah putra dari pasangan Condro Permono dan Ana. Evan Dimas menjadi populer setelah sukses membawa Indonesia menjuarai Piala AFF U-19 2013 dengan mengalahkan Vietnam di laga final.

Pada 2012, Evan terpilih masuk dalam skuat sepak bola Jawa Timur di Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Pekanbaru, Riau. Dalam tingkat nasional, Evan memulai kariernya di timnas U-17 sekaligus menjadi kapten. Sebelumnya ia ikut mengantarkan Garuda Muda berhasil menjuarai HKFA International Youth Invitation di Hongkong pada 2012.

Evan merupakan wakil Indonesia dalam ajang pencarian bakat “The Chance” dan menjadi satu dari 100 anak yang dilatih oleh mantan pelatih Barcelona, Pep Guardiola.

Pada tahun 2013, Evan dipanggil timnas U-19 untuk mengikuti Piala AFF U-19 2013. Dia terpilih menjadi kapten menggantikan Gavin Kwan Adsit yang sedang dalam masa trial di klub CFR Cluj. Dalam ajang ini, Evan mencetak 5 gol untuk Indonesia dan menjadikan timnas menjuarai Piala AFF U-19 untuk pertama kalinya.

Dua minggu kemudian, Evan bersama timnas U-19 bertanding dalam Kualifikasi Piala U-19 AFC 2014. Di laga penyisihan grup versus Korea Selatan, ia mencetak hattrick (3 gol) yang membuat Indonesia menang 3-2 dan lolos ke Piala U-19 AFC 2014. Namun, di ajang itu timnas U-19 tidak lolos dari babak grup sehingga gagal melaju ke Piala Dunia U-20 FIFA 2015.

Setelah penampilan impresifnya bersama timnas U-19, pelatih timnas senior Indonesia, Alfred Riedl memasukkan Evan dalam skuat untuk Piala AFF 2014. Debut main dan gol pertamanya di timnas senior adalah saat laga uji coba melawan Timor Leste pada 11 November 2014, namun laga tersebut tidak termasuk hitungan FIFA sehingga gol Evan juga tidak dihitung. Gol pertama Evan yang diakui FIFA, adalah saat laga penyisihan grup Piala AFF 2014 melawan Laos pada 28 November 2014. Di turnamen itu, timnas U-19 hanya mampu bermain hingga babak grup.

Pada Februari 2016, Evan Dimas sempat menjalani latihan di tim Espanyol B, Spanyol selama 4 bulan. Setelah pulang ke Indonesia, ia kembali ke klubnya yakni Bhayangkara Surabaya United untuk mengikuti Torabika Soccer Championship (TSC A) 2016.

Dikutip dari Wikipedia Bahasa Indonesia, id.wikipedia.org.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s